Aksi Demo Buruh Pertamina Balongan

Ratusan buruh Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) dan Serikat Buruh Indonesia (SBI) meminta penghapusan sistem kerja kontrak atau outsourcing. Massa kembali berunjukrasa dan mogok kerja di depan gerbang kilang Pertamina Balongan.

Aksi massa sempat ricuh dengan aparat keamanan saat mereka merobohkan pintu pagar kilang, Senin 25 Juni 2012. Bahkan, para pekerja juga melempari batu ke arah petugas yang berjaga-jaga di depan pagar.

Aksi ini dilakukan karena kesal aspirasi mereka tidak dipenuhi pihak Pertamina. Aksi massa ini merupakan aksi yang ketiga kalinya untuk menuntut Pertamina segera menghapus sistem kerja kontrak atauoutsorcing serta menuntut hak kesejahteraan karyawan dan para buruh.

Mereka juga sempat melakukan konvoi di sekitar kilang Pertamina Balongan dengan melakukan orasi dan membacakan tuntutan mereka.

Aksi mogok kerja yang dilakukan para pekerja ini sudah berlangsung seminggu yang lalu dan melakukan audensi dengan pihak Pertamina pusat. Namun, tuntuan mereka tetap saja tidak dipenuhi pihak Pertamina.

Massa akhirnya mereka meluapkan kekesalannya dengan melakukan unjukrasa dan memblokir seluruh akses unit pengisian BBM.

Akibat aksi ini, aktivitas armada tanki yang akan mengisi BBM untuk menyuplai sejumlah SPBU di wilayah Jawa Barat dan sebagian DKI Jakarta terganggu. Hingga kini massa masih tetap bertahan di sekitar pintu gerbang kilang menunggu Pertamina untuk merealisasi aspirasi pekerja.

“Perwakilan buruh sudah ke Jakarta, tetapi pembahasan itu berakhir buntu. Makanya hari ini kami turun ke jalan berunjukrasa sampai tuntutan kami direalisasi,” kata Gojin salah satu orator aksi.

Jalannya aksi buruh ini dijaga ketat oleh ratusan polisi gabungan yakni Polres Indramayu, Dalmas Polres Cirebon Kota, Polres Cirebon, Dalmas Polres Majalengka, Dalmas Polres Kuningan, Dalmas Polda Jabar, dan Brimob Detesemen C Polda Jabar dibantu sejumlah aparat TNI.

“Hari ini, kita turun. Minta penghapusan sistem outsourcing di Pertamina. Karena aksi ini otomatis Pertamina lumpuh, karena tidak ada pekerja,” kata ketua KSBI, Nining di sela aksi, Selasa (19/6/2012).

Buruh memblokade jalur pantura menuju Jakarta, tepat di depan Pertamina EP Region Jawa Blok Cemara, Kecamatan Losarang Indramayu. Blokade ini menyusul rasa kecewa para buruh, setelah melakukan demo di depan Pertamina EP Region Jawa Terminal Balongan Field Jatibarang, Jl Raya Balongan Indramayu dan di depan DPRD Kab Indramayu.

Akibat blokade, arus lalu lintas dari Cirebon menuju Jakarta, tepat di depan Pertamina EP Region Jawa Blok Cemara, Kecamatan Losarang Indramayu sepanjang 2 km, dialihkan ke jalur Jakarta Cirebon.

Aksi demonstrasi dijaga ketat oleh Polres Indramayu dan Brimob Detasemen C Polda Jabar. Hingga kini, aksi masih berlangsung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s